Pengelompokan jaringan LAN, MAN, dan WAN

Selasa, 05 Maret 2013

Pengelompokan jaringan LAN, MAN, dan WAN

Pengelompokan jaringan berdasarkan :

- Berdasarkan Area
LAN
Local Area Network disebut juga jaringan privat, karena merupakan jaringan yang dibuat pada area tertutup. LAN sering digunakan untuk menghubungkan client dan server.

MAN
Metropolitan Area Network memiliki daerah cakupan yang lebih luas dibanding LAN, daerah cakupan dari MAN bisa menjangkau RW, kota ataupun provinsi.

WAN
Wide area network Cakupannya lebih luas lagi daripada LAN dan MAN, bisa mencakup satu kawasan,satu pulau, satu negara bahkan satu benua. Bisa dibilang WAN adalah pengembangan dari LAN dan MAN.
Internet
Adalah interkoneksi seluruh jaringan yang ada di dunia sehingga wilayah cakupannya dapat meliputi 1 planet. Hal ini dapat di lakukan berkat dukungan dari IP (Internet Protocol).


- Berdasarkan Media Penghantar
Wire Network
Pada jaringan ini masih digunakannya kabel sebagai sarana penghantar. Untuk LAN menggunakan kabel tembaga, MAN dan WAN menggunakan gabungan tembaga dan serat optik mengingat cakupanya yang luas.

Wireless Network
Pada jaringan ini sudah tidak digunakannya lagi kabel sebagai sarana penghantar, fungsi kabel telah digantikan dengan penggunaan gelombang radio atau sinar inframerah. Contoh jaringan seperti ini sudah umum kita temukan, sebagai contoh penggunaan akses internet hotspot di Universitas Gunadarma hal ini memberi kemudahan kepada mahasiswa untuk mengakses internet saat berada di lingkungan kampus. Namun biasanya untuk lingkungan kampus menggunakan gelombang radio karena jika menggunakan inframerah hanya dapat digunakan antara dua komputer saja.


- Berdasarkan Fungsi
Client Server
Server adalah sistem yang memberikan layanan tertentu kepada client. Client adalah kebalikan dari server yaitu yang menerima layanan. Layanan yang diberikan berupa akses web, email, file dsb. Client server bisa diterapkan di semua tipe jaringan tergantung kebutuhan.




Peer to Peer
Yaitu sebuah jaringan yang memungkinkan setiap komputer yang terkoneksi menjadi server atau client dan juga dapat menerima atau memberikan layanan. Namun peer to peer kurang baik jika digunakan pada MAN,WAN dan Internet karena sangat sulit bagi security dalam memantau pengguna peer to peer yang banyak jumlahnya.



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Its All About Computer © 2011 | Design Template by Rizky wardiansyah | Template Blogger Name | Template Transparent 2.0 | Template Transparent 2.0