Senin, 24 September 2012
KONSEP INTERNET
Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Dalam hal ini komputer yang dahulunya stand alone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya.
Definisi lainnya adalah, Internet bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (Internet Address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin berkeliling kota, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan. Jaringan jalannya bertumpu di atas sarana atau media telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan line telepon, dan jalur cepatnya bisa menggunakan leased line atau ISDN (Pasopati). Selain itu ada definisi juga bahwa internet adalah jaringan komputer (interconnected network) di seluruh dunia, yang berisikan informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data (suara, gambar, vidio, dan teks). Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer tersebut atau dibuat oleh pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada pemilik jaringan komputer yang tersambungkan ke network.
SEJARAH INTERNET
Sebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
Ringkasan sejarah Internet :
* 1960s Computer scientists research techniques to connect systems on a shared network.
* 1969 ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) connects UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, and Stanford Research Institute.
* 1975 Management of the Internet is transferred to the U.S. Defense Communications Agency.
* 1979 USENET begins offering its worldwide broadcast conferencing system of newsgroups.
* 1981 BITNET (Because It’s Time Network) begins offering e-mail and list servers for information distribution. CSNET (Computer Science Network) offers dial-up service for e-mail. People can now access the Internet using desktop computers.
* 1982 TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) becomes the standard for network communications on ARPANET.
* 1983 MILNET and DDN (Defense Data Network) split off from ARPANET.
* 1984 The Domain Name Server (DNS) system is introduced.
* 1986 The Cleveland FreeNet starts operation.
* 1987 The National Science Foundation (NSF) signs a $14 million, five-year agreement with IBM, MCI, and the Michigan Educational Research Information Triad to manage the network.
* 1988 Robert Morris, Jr. releases a “worm” into the Internet. Many computers grind to a halt.
* 1990 CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) develops the World Wide Web.
* 1991 NSF lifts the restrictions against commercial use of the Internet. DoDDS starts using CC:Mail.
* 1992 Congress establishes the National Research and Education Network (NREN) as a vision of a national network to serve the educational and research communities. NREN has not been funded.
* 1993 President Clinton becomes the first head of state to use the Internet for electronic messaging. His address is president@whitehouse.gov.
* 1994 Digital video and audio transmit over the Internet.
* 1995 The DoDDS schools in Okinawa establish Internet connections.
KEGUNAAN INTERNET
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet dalam semua bidang seperti bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb. Antara lain:
1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah melalui:
Email
WWW
NewsGroup
FTP
Gopher
Dan lain-lain
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:
Koran masuk Internet
Majalah, brosur, dsb
3. Sebagai media promosi, contoh:
Image Company
Pengenalan, dan pemesanan produk
4. Komunikasi Interaktif
E-mail
Dukungan Pelanggan dengan WWW
Video Conferencing
Internet Relay Chat
Internet Phone
5. Sebagai alat Research and Development
6. Pertukaran data
7. Ecommerce, yaitu perdagangan atau bisnis lewat internet, seperti penjualan produk, dari philip, motorola, ericson, maspion dan lain lain.
8. Banking, seperti lipponetbank dari bank lippostar, klikbca dari bank BCA.
MEMULAI INTERNET
Untuk memulai Internet minimal kita membutuhkan 1 komputer, modem dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider untuk bisa mendapatkan software serta akses ke Internet. Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan ke Internet atau bisa disebut sebagai pintu gerbang (Gateway) ke Internet. Supaya kita bisa berhubungan ke Internet kita perlu mendaftarkan diri dan berlangganan akses internet ke ISP untuk mendapatkan nama dan alamat di Internet.
Adapun yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet adalah sebagai berikut :
* Hardware (perangkat keras)
Hardware yang diperlukan adalah : Komputer yang sudah disetting untuk koneksi ke internet, modem, dan line telepon.
* Software (perangkat lunak)
Sortware yang diperlukan adalah internet browser yaitu internet explorer, nescape comunicator, neoplanet, katisoft.
* Internet akses
Internet akses didapat dengan berlangganan akses internet ke internet service provide (ISP), khusus di purwokerto ISP nya misalnya: Astinet, Indocom, Padinet, Indosat-M2, telkomnet, dan yang lainnya.
Jenis Koneksi yang diberikan oleh Internet Service Provider:
* TCP/IP Connection
Kalau semua hardware dan sofware yang kita punya ingin secara langsung terkoneksi atau akses ke Internet, maka kita harus menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol over Internet Protocol) address.
* Dial UP Connection
Kalau kita menggunakan modem untuk dial ke ISP supaya mendapatkan koneksi ke Internet (login & password),maka hal itu disebut Dial UP akses.
* Dedicated Connection
Bila kita ingin menggunakan akses online ke Internet 1 x 24 jam, maka kita harus menggunakan koneksi leased line atau bisa juga dengan menggunakan cable connection bila tempat kita dekat dengan ISP yang akan digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Its All About Computer © 2011 | Design Template by Rizky wardiansyah | Template Blogger Name | Template Transparent 2.0 | Template Transparent 2.0